Emas Perhiasan Vs Logam Mulia, Apa Bedanya?

Emas perhiasan dan logam mulia merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada kadar purel gold dan tujuan penggunaannya.

Emas perhiasan merupakan jenis emas yang digunakan sebagai perhiasan. Emas perhiasan biasanya memiliki kadar purel gold yang lebih rendah dibandingkan logam mulia, sehingga memiliki nilai jual yang lebih rendah. Emas perhiasan juga biasanya diberi lapisan atau dilapisi dengan logam lain untuk mempercantik atau memberikan warna yang berbeda.

Logam mulia merupakan jenis logam yang memiliki nilai ekonomi tinggi, kemurnian tinggi, dan tidak mudah terkorosi. Logam mulia biasanya digunakan sebagai perhiasan, uang kertas, dan investasi. Logam mulia biasanya memiliki kadar purel gold yang tinggi, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Pengertian Emas perhiasan

Emas perhiasan telah lama menjadi simbol kekayaan dan kemewahan. Selama ribuan tahun, orang telah memakai emas dalam bentuk perhiasan untuk menunjukkan status sosial dan kekayaan mereka. Bahkan sebelum mata uang modern diciptakan, emas telah menjadi salah satu alat tukar yang paling populer di dunia.

Source : https://id-test-11.slatic.net/p/6857d4940cf5db5255a8b95d7859fcc3.jpg

Emas perhiasan biasanya dibuat dari campuran emas dengan logam lain, seperti perak atau tembaga, untuk meningkatkan kekuatannya. Namun, emas perhiasan yang terbuat dari 100% emas murni juga tersedia dan biasanya dikenal sebagai emas “terangkat”. Emas murni biasanya lebih mahal daripada campuran emas karena kemurniannya yang lebih tinggi.

Emas perhiasan sering dibuat dengan berbagai desain dan motif yang indah dan kompleks. Beberapa desain populer termasuk rantai, anting-anting, gelang, cincin, dan kalung. Emas perhiasan juga sering dihiasi dengan berlian, mutiara, dan batu permata lainnya untuk menambah keindahan dan nilai.

Di beberapa negara, emas perhiasan juga dapat digunakan sebagai investasi. Sebagian orang membeli emas perhiasan sebagai bentuk lindung nilai terhadap inflasi atau ketidakstabilan ekonomi. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam emas perhiasan, ada baiknya untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti harga, kualitas, dan tujuan keuangan Anda.

Meskipun emas perhiasan masih populer hingga saat ini, ada juga beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan ketika memilih emas perhiasan. Pertama, emas perhiasan dapat menjadi berat dan tidak nyaman untuk dipakai sehari-hari. Kedua, emas perhiasan rentan terhadap kerusakan, seperti goresan atau retakan, jika tidak dirawat dengan baik. Dan ketiga, emas perhiasan dapat menjadi magnet bagi pencuri dan harus disimpan dengan aman untuk menghindari kehilangan.

Meskipun demikian, emas perhiasan tetap menjadi pilihan yang populer untuk banyak orang karena keindahannya yang tidak tergantikan. Emas perhiasan juga dapat menjadi bentuk kenangan yang berharga, terutama jika diberikan sebagai hadiah kepada orang yang kita cintai.

Pengertian Logam Mulia

Logam mulia adalah jenis logam yang digunakan dalam perhiasan, produk elektronik, dan beberapa aplikasi industri karena kemurnian dan kekuatannya yang tinggi. Logam mulia termasuk emas, perak, platina, palladium, dan rodium. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan sering digunakan untuk tujuan yang berbeda.

Emas adalah logam mulia yang paling populer dan sering digunakan dalam perhiasan. Emas memiliki warna kuning yang indah dan tidak mudah terkorosi. Kemurnian emas ditentukan oleh kadar emas dalam campuran logam, dengan emas 24 karat (100% emas murni) yang paling murni. Emas juga memiliki nilai investasi yang tinggi, dan sering digunakan sebagai bentuk lindung nilai terhadap inflasi atau ketidakstabilan ekonomi.

Perak juga merupakan logam mulia yang populer. Perak memiliki warna putih yang terang dan juga tidak mudah terkorosi. Perak sering digunakan dalam perhiasan, produk elektronik, dan aplikasi industri seperti penyimpanan listrik dan pembuatan baterai. Namun, nilai investasi perak tidak sebesar emas, dan ia biasanya lebih murah dibandingkan emas.

Platina adalah logam mulia yang paling langka dan paling mahal dibandingkan logam mulia lainnya. Platina memiliki warna abu-abu keperakan dan sangat tahan terhadap korosi. Platina sering digunakan dalam perhiasan, produk elektronik, dan aplikasi industri seperti katalis dan sistem pengendali suhu. Namun, karena harganya yang mahal, platina tidak sepopuler emas atau perak.

Palladium dan rodium juga merupakan logam mulia yang digunakan dalam perhiasan, produk elektronik, dan aplikasi industri. Palladium memiliki warna abu-abu yang lebih gelap dibandingkan platina, sedangkan rodium memiliki warna putih yang terang. Kedua logam ini juga tahan terhadap korosi dan memiliki nilai investasi yang tinggi.

 

Leave a Comment